Bangga Ikut Lomba Manortor di Car Free Day Sarinah : Agenda Awal Menuju Wedding Batak Exhibition 2024 !

Bangga Ikut Lomba Manortor di Car Free Day Sarinah : Agenda Awal Menuju Wedding Batak Exhibition 2024 !

Horas!

Siapa kemarin yang sambil berolahraga di hari bebas kendaraan Sarinah Jakarta? Kalian bisa jadi adalah saksi untuk pertama kalinya melihat ratusan orang manortor di area Sarinah, bukan hanya menarikan tarian khas Batak melainkan ada juga lomba busana Batak yang diikuti oleh orang dewasa dan anak-anak.

Wedding Batak exhibition
Wedding Batak Exhibition ,2024

Lomba Fashion Show dan Lomba Manortor : Menuju Pameran Pernikahan Batak 2024

Dua bulan lagi tepatnya 7-8 September 2024 akan diadakan Wedding Batak Exhibition yang akan diselenggarakan di Smesco Convention Hall Jakarta, nah sebagai langkah awal kegiatan tersebut kemarin 7 Juli 2024 aku mengikuti Car Free Day Goes to Wedding Batak Exhibition.

Sebagai boru Batak tentu saja aku bangga dan nggak mau ketinggalan untuk berpartisipasi, dengan modal ingatan puluhan tahun lalu aku mendaftar untuk lomba manortor, kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Chathaulos, Helaparumaen, IWITA, Berlima, dan MULA by Galeria Jakarta.

Sebagai Ketua Panitia adalah Kak Martha Simanjuntak, menurut beliau tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperluas pengetahuan masyarakat tentang budaya Batak dan pertama kalinya akan diselenggarakan di Indonesia Wedding Batak Exhibition pada bulan September mendatang.

"Kami berharap dengan melibatkan Car Free Day dan hari ini banyak masyarakat yang menyaksikan lomba fashion show Batak dan tarian Tortor bisa membantu kami menyebarluaskan informasi tentang Wedding Batak Exhibition di bulan September nanti." ujar Martha. Nah buat kalian yang ingin mengetahui tentang budaya Batak wajib banget hadir dan pameran kali ini akan berfokus pada lima budaya Batak yang berbeda.

Wedding Batak exhibition
Bersama Martha Simanjuntak 

Hadir juga Abang Donny perwakilan dari Helaparumaen menjelaskan bahwa Wedding Batak Exhibition 2024 akan menjadi platform bagi calon pengantin untuk menemukan inspirasi pernikahan dalam satu tempat. Nantinya Wedding Batak Exhibition akan menampilkan berbagai aspek penting dari pernikahan adat Batak, termasuk pakaian adat yang memukau dan dekorasi tradisional.

Selain itu pengunjung dapat mengagumi berbagai jenis kain ulos, aksesoris pernikahan seperti sortali, dan berbagai perlengkapan adat lainnya. Para desainer Batak akan hadir untuk menjelaskan makna dan simbolisme di balik setiap rancangan busana tradisional mereka.

Wedding Batak exhibition
Peserta Lomba Manortor 

Wedding Batak Exhibition akan berlangsung selama dua hari 7-8 September 2024, berbagai kegiatan menarik akan diselenggarakan, termasuk seremoni pernikahan adat Batak, talkshow, konser musik, kompetisi lagu Batak, dan masih banyak lagi. Vendor yang berpartisipasi juga akan menawarkan promosi dan penawaran khusus kepada pengunjung. Wedding Batak Exhibition menargetkan kehadiran sekitar 100 penyewa stand dan 3000 pengunjung dan jangan lewatkan penampilan Maxima Band!

Makanya kemarin seru banget aku bisa tampil manortor di jalan raya dan disaksikan banyak orang, meski belum menang tapi bangga juga bisa masuk ke semi final. Antusias pengunjung di Car Free Day Goes to Wedding Batak Exhibition 2024 kemarin menunjukkan minat masyarakat mengenal lebih jauh budaya Batak dan hanya dengan tiket 25K Rupiah kita bisa hadir dalam pameran besar di bulan September nanti.

Wedding Batak Exhibition 2024

Helaparumaen dan Chathaulos adalah dua organisasi yang berdedikasi untuk melestarikan dan mempromosikan budaya Batak. Mereka berkomitmen untuk menyediakan platform bagi masyarakat Batak dan masyarakat umum untuk belajar, menghargai, dan merayakan budaya serta tradisi Batak.

Wedding Batak exhibition
Peserta Lomba Fashion Show

Helaparumaen dan Chathaulos dengan bangga mempersembahkan acara Goes to Wedding Batak Exhibition 2024. Dan acaranya berlangsung sukses menurutku, mengundang banyak penonton dan ikutan sawer kepada peserta lomba tari tor-tor. Semoga saja acara yang diselenggarakan kemarin bisa mengundang banyak pengunjung di bulan September nanti.

Wedding Batak Exhibition pertama kalinya diadakan di Indonesia dan sebenarnya banyak banget ragam suku Batak namun nanti kalian akan fokus mengenal jenis 5 suku Batak yaitu Toba, Simalungun, Karo, Pakpak dan Mandailing. Aku sendiri meski orang Batak jujur aja nggak menguasasi semua bahasa suku Batak, kebayang ya nanti di Wedding Batak Exhibition kita bisa mengenal ragam budaya Batak mulai dari bahasa, pakaian dan kebiasaan lainnya.

So yang penasaran dan ingin ikutan segera cari informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini lewat website https://chathaulos.id



15 Komentar

  1. Pengin lagi ke acara seperti ini ya eda, banyak kehangatan dan keseruan apalagi mengusung budaya Batak yang unik dan eksotis, nanti kudu ke Smesco

    BalasHapus
  2. Aku tahu info Wedding Batak Exhibition ini, tapi saying banget ngga bisa dateng. Padahal penasaran juga, biar makin tahu budaya Batak gitu. Kepo sama seremoni pernikahan adat Batak, sekalian kenalan sama 5 jenis suku Batak hehee.

    BalasHapus
  3. Keren Kak Uli masuk semifinal. Saya sendiri numpang lahir di tanah Batak, tapi umur 9 tahun pindah ke Jakarta. Beberapa kali saya juga dapat client Batak untuk saya make up dan sanggul. Sukses acara September nanti!

    BalasHapus
  4. InshaAllah mau ikutan acara Wedding Batak ini, karena seneng melihat kebudayaan kita itu terus diangkat, biar gak tergerus dengan kebudayaan luar ya kak

    BalasHapus
  5. Adat batak ini salah satu adat yang bikin saya penasaran. Karena ada beberapa teman kerja saya juga orang batak.

    Soal budaya juga bagus, baju adatnya juga cakep. Wah kalau Wedding Batak Exhibition waiib babget ikutan ya Mbak. Apalagi ini untuk pertama kalinya ada Wedding Batak Exhibition, gak boleh ketinggalan.

    BalasHapus
  6. Seru pisan donk bisa Manortor barengan gitu, berasa kental banget budaya Bataknya. Bangga deh, apalagi acara keren Wedding Batak Exhibitionnya, makin nambah pengetahuan seputar budaya Batak.

    BalasHapus
  7. Cakep banget kain khas Batak yaa..Kain Tenun Ulos.
    Warnanya dan asesorisnya tentu memiliki makna tersendiri. Dan filosofi ini yang kudu dihayati ketika melaksanakan acara special seperti wedding ceremony.

    BalasHapus
  8. Mungkin karena mba uli emang orang sumatera walaupun padang jadi cocok-cocok aja ya pakai baju batak, dan menurutku ini ide menarik sih ngadain wedding excebition di car free day pasti bikin orang penasaran dan tertarik

    BalasHapus
  9. Acaranya pasti seru banget nih Mak, budhe ku itu asli Batak Toba, pas abang aku nikah pakai adat Batak Mak, terus ibuku dapat kain ulos, cakep banget kainnya.

    BalasHapus
  10. Seru yaa, ikut car free day bisa sekalian mengenal dan belajar tentang budaya batak. Acara kayak gini nih yang wajib selalu ada, bermanfaat soalnya

    BalasHapus
  11. Pas pertama baca cepat judulnya, aku nangkapnya marathon lho mbaaa...wkwkkw, ternyata manortor. Cukup lama tinggal di Sumut, aku jadi tidak asing lagi dengan manortor (bahkan dulu sesekali ikut) dan pesta pernikahan adat batak yang meriah dan....lama itu hehehe. Masih inget banget, dulu kalau mau kondangan, kita bilangnya mau mapes alias "makan pesta".

    Semoga acara wedding exponya berjalan lancar ya mbaa...

    BalasHapus
  12. Seruuu banget apalagi tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperluas pengetahuan masyarakat tentang budaya Batak dan pertama kalinya akan diselenggarakan di Indonesia

    BalasHapus
  13. Pas awal aku lihat budaya batak itu unik mba .waktu nikahan temen akuh, ternyata prosesnya panjang banget. Jadi bisa tahu juga nih melalui Wedding Batak Exhibition kita bisa mengenal ragam budaya Batak mulai dari bahasa, pakaian dan kebiasaan lainnya jadi orang2 bisa tau lebih banyak.

    BalasHapus
  14. Wah seru banget ini Mbak Uli. Bisa jalan sehat di CFD sambil lihat-lihat budaya Batak ya. Suka deh aku yang begini. Salah satu budaya nusantara yang bikin aku excited deh budaya batak ini. Ulosnya, acara pernikahannya unik. Kepengen deh suatu saat berkesempatan dandan ala pengantin batak. Hahahaha... cantik-cantik sih selama ini pengantin batak yang aku lihat. :D

    BalasHapus
  15. wah ini acara yang wajib banget kayaknya dihadiri orang batak yang mau nikah ya, mbak karena pastinya ada banyak info yang bisa didapat dan bahkan mungkin vendor yang bisa memfasilitasi pernikahan dengan adat batak

    BalasHapus

Komen ya biar aku tahu kamu mampir