Inovasi Schneider Electric : Rumah Nyaman dan Listrik Aman di Era Modern

Inovasi Schneider Electric : Rumah Nyaman dan Listrik Aman di Era Modern

Assalamu'alaikum,

Tahun 2016 bersama Kumpulan Emak Blogger pertama kalinya aku tahu bahwa MCB di rumahku menggunakan Schneider dan kemarin 02 Oktober 2024 Schneider Electric Indonesia kembali menggelar acara Innovation Talk dengan tema yang sangat relevan yaitu "Rumah Nyaman, Listrik Aman". Schneider Electric sudah merayakan lebih dari 50 tahun eksistensinya dalam industri manajemen energi, kali ini bersama dengan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta yang membahas desain rumah modern dan hadir juga Nana Mirdad bersama suami berbagi pengalaman bagaimana menghadirkan rumah yang nyaman dengan memperhatikan instalasi listrik yang aman.

Schneider electric
Inovasi Schneider Electric : Rumah Nyaman dan Listrik Aman di Era Modern

Schneider Electric telah beroperasi lebih dari 50 tahun dan menjadi salah satu pemain utama dalam industri manajemen energi dan otomasi. Di Indonesia, Schneider Electric tidak hanya berfokus pada inovasi teknologi kelistrikan, tetapi juga berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan listrik di rumah.

Sebagai perusahaan yang berkomitmen pada keberlanjutan dan efisiensi energi, Schneider Electric telah meluncurkan berbagai produk inovatif yang tidak hanya aman, tetapi juga ramah lingkungan. EV Solution Charging untuk mobil listrik yang dipamerkan dalam acara ini adalah salah satu bukti komitmen mereka terhadap solusi energi terbarukan.

Innovation Talk Schneider Electric Indonesia : Rumah Nyaman, Listrik Aman

#RumahNyamanListrikAman adalah sebuah kampanye yang mengajak kita sebagai pemilik atau calon pemilik rumah untuk mendefinisikan ulang konsep 'rumah ideal.' Lewat kampanye ini, Schneider pengen kita paham bahwa keindahan, keamanan, dan kenyamanan rumah harus menyatu dalam harmoni. Acara ini menghadirkan berbagai solusi dan produk yang mendukung kenyamanan serta keamanan listrik di rumah, mulai dari perangkat kelistrikan seperti MCB, ELCB, RCBO, hingga Electric Vehicle Charging Solusition untuk kendaraan listrik. 

Inovasi Schneider Electric : Rumah Nyaman dan Listrik Aman di Era Modern
Para Nara Sumber Innovation Talk


Keamanan Listrik dengan Produk Schneider Electric

Di dalam rumah, keamanan listrik adalah aspek yang tidak bisa dianggap remeh. Aku pribadi juga kerap was-was untuk urusan instalasi listrik, apalagi seperti yang disampaikan Bapak M. Farhan Lucky selaku Schneider Electric Indonesia Business Vice President, Home and Distribution Schneider Electric Indonesia kasus kebakaran sering terjadi pada bangunan bahkan 30% diakibatkan oleh kelistrikan dan salah satu poin utama yang dibahas di acara ini adalah pentingnya menggunakan produk kelistrikan yang berkualitas. Schneider Electric, sebagai pemimpin global dalam manajemen energi dan otomasi, menawarkan berbagai produk yang dirancang khusus untuk melindungi rumah dari risiko-risiko listrik, seperti korsleting, kelebihan arus, dan kebocoran arus listrik.

Emak-emak pasti di rumah ada box untuk "ceklekan" listrik nah biasanya didalamnya itu ada alat namanya MCB alias Miniature Circuit Breaker, pada kesempatan ini aku bisa melihat dengan jelas produk Schneider dan semakin paham perbedaan serta fungsinya sebagai berikut :

Rumah Nyaman Listrik Aman
Perbedaan Fungsi MCB, RCCB dan RCBO

  1. MCB (Miniature Circuit Breaker) – pada demo kemarin MCB ini tidak mendeteksi korslet jadi ketika ada korslet listrik bisa saja tetap menyala. MCB berfungsi untuk elindungi rumah dari arus pendek dan kelebihan beban listrik tidak dengan kondisi lain seperti ada genangan air.
  2. ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) – berfungsi untuk melindungi penghuni rumah dari kebocoran arus listrik yang dapat menyebabkan sengatan listrik.
  3. RCBO (Residual Current Circuit Breaker with Overcurrent Protection) – Produk canggih yang menggabungkan fitur perlindungan MCB dan ELCB, memberikan perlindungan maksimal.

Produk-produk ini sangat krusial dalam memastikan keamanan sistem kelistrikan di rumah, dan Schneider Electric memastikan bahwa setiap produknya telah memenuhi standar keselamatan internasional. 

Himpunan Desainer Interior Indonesia DKI Jakarta : Desain Rumah Modern

Selain membahas produk kelistrikan, acara Innovation Talk ini juga menghadirkan pembicara dari Ibu Ranu dari Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta. Beliau membahas tren desain rumah modern yang tidak hanya menekankan pada estetika, tetapi juga pada fungsi dan keamanan.

Desain rumah modern kini lebih berfokus pada integrasi teknologi untuk memaksimalkan kenyamanan dan keamanan penghuni. Misalnya, rumah yang dilengkapi dengan sistem otomasi pintar yang memungkinkan kontrol penuh terhadap pencahayaan, suhu, dan perangkat listrik melalui ponsel pintar. Desain rumah masa kini juga harus mempertimbangkan aspek keamanan listrik agar tetap nyaman dan aman digunakan, terutama dengan semakin meningkatnya penggunaan perangkat elektronik.

Rumah Nyaman Listrik Aman
Inovasi Saklar AvatarOn Schneider Electric

Nana Mirdad dan Andrew White sepakat menyatakan bahwa desain rumah sekarang udah jadi cerminan kepribadian kita. Setiap sudut bisa banget kita kreasikan, dari warna dinding sampai ke aksesori rumah. Bahkan, saklar aja bisa jadi bagian dari gaya desain interior, loh! Nana Mirdad cerita, waktu dia dan Andrew bangun rumah impian mereka, mereka pengen setiap detail selaras, termasuk saklar. Untungnya, ada saklar AvatarOn dari Schneider Electric yang nggak cuma estetik, tapi juga fleksibel. Kita bisa ganti cover-nya dengan gambar apa aja yang kita suka, jadi kita bisa berkreasi sebebas mungkin.

Menurut Pak Farhan, sekarang saklar bukan cuma buat fungsi, tapi juga bagian penting dari desain rumah. Dengan inovasi kayak AvatarOn, kita bisa nyesuaiin saklar dengan warna, motif, bahkan foto spesial kita. Saklar yang dulunya dipandang sepele, sekarang jadi elemen penting buat nyatuin fungsi dan estetika ruangan tanpa ngorbanin keamanan.

Ngomong-ngomong soal keamanan, di balik tampilannya yang modern, AvatarOn dilengkapi teknologi 'Slim Rocker, Sure Click' yang bisa ngurangin risiko percikan api dan punya LED lembut yang bikin kita gampang nemuin saklar di malam hari. Menang iF Design Award 2017, AvatarOn juga punya fungsi tambahan kayak gantungan kunci dan soket USB, bikin hidup kita makin praktis, mupeng yes mak!

Pada kesempatan ini aku juga melihat inovasi terbaru Schneider yaitu Electric Vehicle Solution Charging. Peralihan menuju kendaraan listrik semakin dekat dengan kenyataan di Indonesia. Schneider Electric memanfaatkan momen ini dengan menghadirkan car charger yang efisien dan aman untuk penggunaan di rumah dan tempat umum. Charger ini dilengkapi dengan fitur smart charging, yang memungkinkan pengguna untuk memantau dan mengoptimalkan penggunaan energi. Dengan charger ini, kamu bisa memastikan kendaraan listrikmu selalu siap digunakan tanpa khawatir beban berlebih pada sistem listrik rumah.

Rumah nyaman listrik aman
EV Charging Solution

Schneider Charge adalah solusi sempurna bagi pemilik kendaraan listrik di Indonesia yang ingin mengadopsi gaya hidup serba listrik. Seiring berkembangnya ekosistem kendaraan listrik, alat ini menawarkan kemudahan instalasi dan visibilitas penggunaan listrik secara real time lewat Monta App. Dengan fitur smart control ini, penghuni bisa merencanakan pengisian daya kendaraan mereka dengan lebih efisien dan praktis.

Diakhir acara para emak juga dikasih tips nih bagaimana memilih Produk Schneider Electric yang Asli :

  1. Beli di Distributor Resmi : Pastikan kamu hanya membeli produk dari distributor resmi Schneider Electric. Kamu bisa mengecek daftar distributor terpercaya di situs resmi Schneider Electric Indonesia.
  2. Periksa Label dan Kemasan : Produk asli biasanya dilengkapi dengan logo Schneider Electric yang jelas, lengkap dengan nomor seri dan segel keamanan. Jika menemukan kemasan yang rusak atau tanpa segel, waspadalah.
  3. Cek Sertifikat Keaslian : Schneider Electric menyediakan fitur untuk memverifikasi keaslian produk melalui nomor seri yang bisa dicek di situs resmi mereka.
  4. Garansi Resmi : Pastikan produk yang kamu beli memiliki garansi resmi dari Schneider Electric. Produk palsu biasanya tidak memiliki jaminan atau dukungan teknis yang memadai.

Well itu dia rangkumana kegiatan Innovation Talk bersama Schneider Electric Indonesia dan Kumpulan Emak-emak Blogger.

Kumpulan Emak-emak Blogger
Terimakasih KEB !

0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir